** WAJAH **

by Zulkarnain Bandjar

TAJALLI ( Rabbul Alamin)

“Ketika TUHAN adalah akar dari segala keragaman ke-yakinan dialam ini, dan ketika DIA yang menyebabkan EKSISTENSI segala sesuatu di-alam sesuai ketentuan tanpa ter-intervensi oleh apapun, maka segala sesuatu ada karena RAHMAT-NYA”.

GAMBAR WAJAH

AL-HAQ menjadi tampak kepada hamba-hamba-Nya menurut ukuran pengetahuan mereka kepada-Nya, seorang hamba tidak akan melihat AL-HAQ kecuali menurut bentuk dirinya sendiri..

TAJALLI (Perpindahan)

Karena penerimaan terhadap TAJALLI berbeda-beda kwalitasnya maka begitu pula keyakinan dan keimanan akan berbeda satu sama lain. Sejauh itu seorang hamba memiliki kesiapan untuk menerima TAJALLI AL-HAQ, maka sejauh itu pula dia mencapai pengetahuan tentang TUHAN, tapi kemudian pengetahuan itu “diikat” atau dibatasi oleh dan dalam kepercayaan sesuai dengan pengetahuan yang di-capai-nya.

TAJALLI (Penyucian)

jadi..

TUHAN kepercayaan adalah ciptaan bagi yang mem-persepsi-kannya. Karena Dia adalah ciptaannya. maka pujian kepada apa yang dipercayai-nya adalah pujian kepada dirinya sendiri. Itula sebab-nya dia mencela orang lain, jika dia menyadari (persoalan yang sebenarnya) tentu dia tidak akan berbuat demikian.

Kalau begitu permasaalahannya maka tidak diragukan bahwa pemilik objek penyembahan khusus itu “bodoh” tentang hal itu, karena penolakannya terhadap apa yang dipercayai oleh orang lain tentang ALLAH.

Salam Zulkarnain Bandjar